Contoh Percakapan 10
Percakapan ini dilakukan masih antara kakek dan cucunya.
Dudung: "Ari mangpaat hayam sajabina ti tiasa diemam dagingna naon, Ki?" (Kalau manfaat ayam selain dimakan dagingnya apa, Ki?)Aki: "Tadi isuk-isuk, naon nu ngalantarankeun hidep hudang?" (Tadi pagi apa yang membangunkanmu?)Dudung: "Hayam jago kongkorongok, Ki. Jadina abdi kagugahkeun." (Ayam jago yang berkokok, Ki. Jadinya saya terbangun.)Aki: "Tah, eta salahsahiji mangpaatna ngukut hayam, Dung." (Nah, itu salah satu manfaat memelihara ayam, Dung.)Dudung: "Oh, muhun, muhun." (Oh, iya iya.)
Itulah contoh-contoh percakapan bahasa Sunda yang bisa kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan bermangpaat!
Contoh Percakapan 8
Percakapan ini dilakukan antara orang dewasa dalam kesempatan resmi.
Moderator: "Kumaha numutkeun pangemut Kang Ujang patali sareng rencana urang bade ngawangun tempat wisata tea?" (Bagaimana menurut Kang Ujang terkait rencana kita mau bikin tempat wisata di kampung kita?)Ujang: "Hatur nuhun tos maparin waktos. Pangemut sim kuring mah kalintang sae na kumargi tiasa ningkatkeun kagiatan pamuda di lembur urang." (Terima kasih atas waktunya. Menurut saya sangat bagus karena bisa meningkatkan pendapatan pemuda di kampung kita.)Moderator: "Dupi saur Kang Asep kumaha, satuju atanapi henteu?" (Kalau menurut Kang Asep bagaimana, apakah setuju atau tidak?)Asep: "Haturnuhun tos dipasihan waktos kanggo ngiring sasangem. Abdi oge panuju mung kedah diemutkeun deui waragadna moal cekap ku sakedik. Bade ti mana milarian biayana da upami ngandelkeun iuran warga mah tos jelas bakal lami ka ngawujud." (Terima kasih telah diberi kesempatan berbicara. Saya juga setuju tapi harus dipikirkan biayanya pasti besar. Dari mana biaya sebesar itu karena jika mengandalkan iuran warga saja jelas akan lama terwujud.)
Contoh Percakapan 1
Percakapan ini dilakukan dengan teman.
Hera: "Yayu atos ngerjakeun PR Basa Sunda teu acan?" (Yayu sudah mengerjakan PR Bahasa Sunda, belum?)Yayu: "Atos. Ari Hera atos teu acan?" (Sudah. Hera sendiri sudah, belum?)Hera: "Teu acan abdi mah hilap." (Belum, aku lupa.)Yayu: "Kumaha weh, ke Ibu Guru bendu gera." (Gimana dong, nanti Ibu Guru marah, lagi.)Hera: "Muhun wios we diseukseukan oge dan rumaos teu acan ngerjakeun." (Ya sudah nggak apa-apa dimarahin juga, karena memang aku salah belum mengerjakan.)Yayu: "Enjing mah kerja kelompok sareng abdi gera ngambeh teu hilap deui." (Besok-besok kerja kelompok denganku supaya nggak lupa lagi.)Hera: "Muhun hayu." (Iya, ayo siap.)
Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya
Berikut sederet contoh percakapan bahasa Sunda dikutip dari berbagai sumber. Yakni situs SMK Taruna Bangsa Bekasi, buku Budak Singer Kelas III oleh Tim Koncara, journal.unair.ac.id, dan situs SMP Tut Wuri Handayani.
Contoh Percakapan 5
Percakapan ini dilakukan antara teman yang seusia.
Deden: "Geuleuh teuing aing mah ka si Dudung teh!" (Menyebalkan sekali Dudung!)Yuni: "Naha naha naha? Geuning ujug-ujung kitu sih?" (Kenapa, kenapa, kenapa? Kok tiba-tiba begitu, sih?)
Contoh Percakapan 4
Percakapan ini dilakukan antara orang tua dan anak perempuannya.
Yuni: "Bah, tos dahar teu acan?" (Pak, sudah makan, belum?)Bapak: "Encan." (Belum.)Yuni: "Bade dihuapkan ku teteh?" (Mau disuapi Kakak?)Bapak: "Teu kudu. Bapa hoyong bubur sop." (Tidak usah. Bapak ingin bubur sup.)Yuni: "Nya muhun ke, teteh milari kang bubur sop heula ka hareup nya, Bah." (Baiklah, nanti Kakak cari tukang bubur sup ke depan dulu ya, Pak.)
Bahasa Indonesia-nya kata: Ajengan (Bahasa Bali)
Berikut terjemahan dari kata
Bahasa Indonesia-nya kata Ajengan: santapan;
Cari terjemahan bahasa bali lainnya di
REPUBLIKA.CO.ID, Istilah kiai dan ajengan dalam sejarah sosial masyarakat Indonesia, dilekatkan untuk mereka yang memiliki kemampuan agama. Julukan ini diberikan baik oleh kalangan ulama atau masyarakat.
Tetapi, ternyata kata dosen sejarah Universitas Indonesia, Mohammad Iskandar, penggunaan istilah kiai dan ajengan tak sama antara kebiasaan di Jawa Tengah atau Jawa Timur dan Jawa Barat. Istilah ajengan diberikan untuk figur ulama yang memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan kiai.
“Makanya sejarah mencatat di kawasan Priangan, kini masuk wilayah Jawa Barat, sedikit saja yang bergelar ajengan,” kata dia ditemui di sela-sela Seminar Pra Penelitian “Eksplorasi Karya Ulama Nusantara di Lembaga Pendidikan Keagamaan Priangan” yang digelar Balai Litbang Agama Jakarta, kemarin, di Jakarta, Jumat (12/5).
Dia menyebut, KH Ahmad Sanusi, adalah di antara sosok yang mendapat gelar ajengan. Gelar ini melihat posisi dan kedudukan Kiai Sanusi yang tidak hanya mumpuni di bidang agama, tetapi juga keberaniannya mengobarkan perlawanan terhadap penjajah.
Keberadaan Kiai Sanusi, kata dia, dianggap sebagai batu penghalang bagi penjajah. Kiai Sanusi dianggap ‘bermasalah’ karenanya tiap pergerakan Kiai Sanusi, tak terkecuali karya-karya intelektualnya tak luput dari pantauan dan catatan khusus Belanda.
Tetapi justru kebijakan Belanda tersebut, ujar dia, memiliki efek positif bagi terlacaknya jejak pemikiran Kiai Sanusi. Dua karya tafsirnya yaitu Tamsyiat al-Musilmin dan Manbaul Irfan terekam baik dalam catatan Belanda karena bagian isinya menyerukan jihad perlawanan.
Dalam karyanya itu, kata Iskandar, Kiai Sanusi mengutip ayat ke-3 Surah al-Maidah tentang kesempuranaan agama. Umat Islam itu ditakdirkan menjadi umat terbaik dan dibekali potensi kesempurnaan.
”Tetapi jika dijajah mustahil kesempurnaan itu tak akan tercapai,” Kata Iskandar mengutip pernyataan Kiai Sanusi. Keberanaian itulah yang mengantarkan Kiai Sanusi tinggal di balik jeruji penjara Belanda. “Di kawasan Priangan ajengan itu untuk orang-orang hebat,” kata dia.
Sebuah artikel menarik di Kompasiana tentang pemberian gelar Kyai Haji honoris causa oleh takmir masjid dan masyarakat Ploso Kuning, Sleman, kepada Mahfud MD. Pada kesempatan yang sama Mahfud MD mengatakan bahwa ia sebenarnya belum pantas menyandang titel Kyai Haji tersebut.
Penyebutan gelar Kyai Haji honoris causa oleh KH Ali As'ad, pengasuh Pondok Pesantren Nailul Ula Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, semula saya tafsirkan sebagai guyon, tapi ternyata bila melihat foto dan upacara pengalungan sorban pada Mahfud MD, penyebutan gelar Kyai Haji honoris causa saat itu tampaknya hal yang serius.
Pemberian gelar Kyai Haji (KH) bagi seorang ulama di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagi seseorang diberikan kepada seorang ulama yang mendalami agama Islam dan biasanya mengasuh pondok pesantren. Gelar KH itu yang memberikan adalah masyarakat. Biasanya ulama yang dinobatkan masyarakat sebagai Kyai Haji, memang sudah pernah naik haji ke Mekkah. Di Jawa Barat, orang Sunda menyebut ulama yang dianggap tinggi ilmu agama Islamnya dengan sebutan Ajengan. Seorang ajengan sama dengan seorang KH biasanya mengasuh pondok pesantren dan berpengaruh di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
Sebutan KH bagi seseorang mengalir begitu saja, tanpa upacara, tahu-tahu sebutan KH untuk seseorang melekat di depan namanya, sebagai pengakuan masyarakat. Tahun 1970an masyarakat Indonesia mengenal Gus Dur sebagai Gus Dur atau Abdurrahman Wahid, belum ada sebutan KH di depan namanya. Sebutan KH di depan namanya entah mulai kapan, mungkin disosialisasikan oleh media cetak, akhirnya gelar KH melekat saja dengan nama Abdurrahman Wahid. Itulah penghargaan masyarakat.
Contoh lain untuk almarhum Zainuddin MZ yang dijuluki da'i sejuta umat, pada awal karirnya sebagai penceramah tak pernah disebut Kyai Haji, cukup disebut Haji karena beliau sudah pernah naik haji. Mungkin kita lupa sejak kapan Zainuddin MZ namanya ditambahi KH, tak ada yang memprotes karena sebutan KH itu sebagai penghargaan masyarakat. Demikian pula Aa Gym semula hanya disebut Aa Gym saja, penceramah agama Islam yang juga mengasuh pondok pesantren di Geger Kalong, Bandung. Lama-lama dengan kepopulerannya masyarakat dan media massa menambahkan gelar KH didepan namanya sebagai penghargaan tanpa ijazah, KH Abdullah Gymnatsiar namun sebutan Aa Gym tetap lebih populer.
Untuk Aa Gym gelar KH sebenarnya agak menyimpang dari kebiasaan, seorang pengasuh Pondok Pesantren dan penceramah agama Islam terkenal, di Jawa Barat biasanya digelari masyarakat sebagai Ajengan atau Mualim, bukan Kyai Haji. Anomali sebutan juga terjadi di Bogor, misal dua ulama Bogor yang sudah almarhum disebut KH, yaitu KH Abdullah bin Nuh dan KH Soleh Iskandar, mungkin karena kedua ulama ini seperti Aa Gym dikenal masyarakat pada era dimana sebutan Kyai Haji lebih memasyarakat, terutama di pulau Jawa. Contoh ulama Jawa Barat yang masih dikenal dengan sebutan ajengan adalah Ajengan Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin, yang terkenal dengan panggilan Abah Anom dari Tasikmalaya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Sosbud Selengkapnya
Apa Itu Percakapan Bahasa Sunda?
Percakapan, atau dalam bahasa Sunda disebut paguneman, adalah kegiatan berdialog atau bercerita dua arah. Mengutip Susan Susanti dalam situs www.smktarunabangsa.sch.id, paguneman juga dapat dipahami sebagai kegiatan mengungkapkan perasaan atau pikiran seseorang.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Dalam bahasa Sunda, percakapan dibagi menjadi tiga tingkatan tata bahasa. Yakni kasar, loma, dan lemes. Penggunaannya tergantung kepada siapa kita berbicara atau bercakap-cakap.
Contoh Percakapan 3
Percakapan ini dilakukan antara guru dan muridnya saat pelajaran basket.
Arif: "Pa, can sugan?" (Pak, belum selesai?)Pak Irfan: "Lima menit deui." (Lima menit lagi.)Arif: "Geuning lila pisan sih, Pa?" (Lama sekali, Pak?)Pak Irfan: "Maneh mah, ari sakeudeung protes, dibere lila protes." (Kamu ini, kalau sebentar protes, lama juga protes.)Arif: "Da asa teu anggeus-anggeus, Pa." (Rasanya kok tidak selesai-selesai, Pak.)
Contoh Percakapan 7
Ucup: "Kunaon kamari teu sakola, Jun?" (Kenapa kemarin kamu nggak masuk sekolah, Jun?)Jujun: "Kamari kuring teh nyeri beuteung euy." (Kemarin aku sakit perut.)Ucup: "Nyeri beuteung pedang kunaon? Tambarakan teung atuda Jujun mah." (Sakit perut kenapa? Sembarangan banget sih kamu, Jun.)Jujun: "Ah teu pira jajan baso tuluy nginum cai es kamari teh." (Kemarin cuma jajan bakso terus mimum es.)Ucup: "Meureun lada teuing basona nya? Jaba deuih ayeuna teh keur usum ngijih." (Sepertinya baksonya terlalu pedas, ya? Ditambah sekarang lagi musim hujan.)Jujun: "Enya puguh lada teuing basona." (Iya nih, sepertinya baksonya terlalu pedas.)